Smart City apakah yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar tulisan tersebut. Kota yang cerdas? Sama juga yang terlintas dipikiranku ketika mendapatkan info blog competition ini dari sebuah post di facebook yang diselenggarakan oleh gamatechno. Kemudian aku memikirkan bagaimana membuat tulisan kompleks ini, dari mana aku harus memulainya? Saya akan membahas dan melanjutkan lebih jauh tulisan ini yang dilandasi atas tema Membangun Smart City dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Pembagian aspek Smart City dengan Teknologi Informasi
Sumber : Gamatechno.com

Maka permasalahan yang didapat adalah bagaimana cara untuk membangunnya? Oke, kita masuk pada penjelasan mengenai smart city apalagi mewujudkannya di Indonesia itu sendiri.

Smart city (kota yang cerdas dalam bahasa Indonesia) adalah sebuah istilah yang dipakai oleh gamatechno dalam lombanya kali ini. Istilah ini memang menjadi sorotan utama (the central point) dalam lomba bertajuk blog competition ini. Ada beberapa indikasi atau ciri ciri sebuah kota dikatakan menjadi “smart city“. Ciri atau karakteristik tersebut layaknya kita sebut dengan “5 characteristic of smart city” yang meliputi: resilient city (berdaya tahan), efficient city (efisien), sustainable city (berkelanjutan), eco city (ramah lingkungan), liveable city (layak hidup).

Selain itu, untuk mewujudkan “smart city Indonesia” juga diperlukan untuk mengetahui aspek-aspek yang akan diperbaiki untuk membangun smart city di Indonesia. Membangun satu persatu aspek adalah tujuan kita saat ini. “An possible mission to build the smart city by tecnology“. Adapun aspek tersebut kita sebut dengan “6 aspect of smart city” yang meliputi: Goverment (pemerintahan), Job (pekerjaan), People (rakyat), Eco (lingkungan), IT (teknologi), Lifestyle (gaya hidup). Itu semua hanyalah opini saya atau anda dapat mengkritik atau menambahkan tulisan saya.

Beberapa solusi program gamatechno yang didasari IT
Sumber : Gamatechno.com

Smart city bukan hanya membahas tentang kehidupan yang cerdas dalam suatu kota tetapi juga membahas hal hal untuk membangunnya dengan teknologi informasi. Dari 6 aspek tersebut saya akan membahas teknologi sebagai aspek utama untuk membangun smart city di Indonesia, tentunya dengan bantuan 5 aspek lainnya karena itu semua sangat berkaitan untuk mewujudkannya.

1. IT (Teknologi Informasi)

IT adalah Teknologi yang membantu menyebarkan dan menerima Informasi
IT – Sumber : google.com

Teknologi merupakan aspek yang paling penting untuk membangun smart city. Menurut wikipedia, teknologi adalah alat yang diperlukan untuk membatu memperingan pekerjaan manusia. Teknologi merupakan solusi utama dari smart city, namun untuk membangun smart city tidak semata mata hanya diperlukan teknologi tetapi juga manusia sebagai produsen dan konsumen. Generasi manusia yang baik adalah generasi yang dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin sehingga lebih banyak dampak positifnya bagi diri sendiri dan masyarakat lain daripada dampak negatif yang merugikan. Gamatechno telah menyediakan berbagai solusi atas berbagai bidang seperti pendidikan, pemerintahan, transportasi, dan gaya hidup.

2. People (Rakyat)

Penegak Bantara yang sedang mempraktekan kepemimpinan
Pelajar – Sumber : Dokumen Pribadi

Yang dimaksud “Rakyat” disini adalah SDM (Sumber Daya Manusia). SDM sangatlah memiliki peran penting untuk membangun smart city yaitu generasi pemuda yang terpelajar, terdidik, dan terlatih yang diharapkan bisa memanfaatkan ataupun menciptakan teknologi baru yang berguna untuk Rakyat lain. Bukan hanya cerdas ataupun pandai yang diharapkan disini, tetapi juga generasi yang sudah terlatih untuk menghadapi era teknologi sebenarnya. Character building juga diperlukan guna menjadikan generasi yang sehat akal dan berakhlakul karimah sehingga aksi korupsi juga berkurang. Proses untuk menjadikan kaum terpelajar inilah yang juga memerlukan teknologi untuk pendamping proses belajar mengajar. Dalam hal ini Gamatechno juga telah menyediakan solusi untuk kaum terpelajar yang dikhususkan untuk jenjang perguruan tinggi.

Baca juga : Indonesia ngga boleh Gaptek – Atjindo

3. Goverment (Pemerintahan)

Pemerintahan yang memimpin rakyat membentuk smart city
Goverment – Sumber : google.com

Dalam sebuah kota, goverment atau pemerintahan memiliki fungsi dan peran penting memimpin dan mengoordinasikan rakyat agar dapat memajukan kesejahteraan umum juga mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai tujuan bangsa Indonesia dalam pembukaan UUD 1945. Dalam hal ini Gamatechno juga menyediakan solusi bagi lembaga pemerintahan melalui e-Goverment dan teknologi lainnya yang dapat membantu pemerintahan menjalankan tugasnya.

4. Job (Pekerjaan)

Pekerjaan rakyat membangun smart city di bidang masing masing
Jobs – Sumber : google.com

Pada dasarnya pekerjaan (Jobs) merupakan penting bagi manusia untuk menghasilkan uang. Aspek pekerjaan ini, berkaitan dengan aspek kedua yaitu People (Rakyat). Ya, generasi yang terpelajar, terdidik, dan terlatih dapat menempati posisi pekerjaan yang sepadan dengan kemampuan dan keterampilan mereka. Adapun yang berkemampuan IT adalah sebagai produser menciptakan software, aplikasi, atau sebuah teknologi baru yang berguna untuk membangun smart city. Adapun yang ada di bidang lain selain teknologi cukup sebagai pemakai dan memanfaatkan teknologi itu dengan sebaik baiknya sehingga dapat memunculkan manfaat nyata bagi diri sendiri atau orang lain melalui pekerjaannya sesuai bidangnya tersebut.

5. Eco (Lingkungan)

Aksi tanam pohon cemara rally sepeda
Tanam pohon – Sumber : Dokumen Pribadi

Membangun smart city dengan teknologi merupakan sesuatu hal yang beresiko merusak lingkungan. Oleh karena itu, selain kita membangun juga diharuskan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya pada solusi transportasi yang disediakan Gamatechno yang akan menimbulkan polusi udara yang akan merusak lapisan ozon dan dapat menimbulkan pemanasan global. Jadi, dalam hal ini Gamatechno seharusnya menyediakan solusi transportasi yang tidak menimbulkan polusi seperti sepeda atau menggunakan transportasi dengan emisi karbon yang sedikit sehingga tidak menimbulkan asap yang terlalu banyak. Lingkungan adalah tanggung jawab kita sebagai penghuni bumi, kesadaran kita untuk membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan sangat diperlukan saat ini dan mendatang. Hal lain yang dapat dilakukan adalah pengurangan pemakaian sampah plastik yaitu dengan menggunakan sampah organik.

Baca juga : Beberapa Alasan Orang membuang Sampah Sembarangan – Atjindo

6. Lifestyle (Gaya hidup)

Beberapa gaya hidup yang bermanfaat
Lifestyle – Sumber : google.com

Gaya hidup (Lifestyle) yang baik adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Gambar di atas adalah pembagian gaya hidup yang terdiri dari kesehatan, karir, pekerjaan, sahabat, keluarga, dan waktu luang. Gamatechno telah memberikan solusi lifestyle dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai penunjang utama. Kesehatan sangatlah penting bagi kita semua. Gaya hidup sehat dan mampu bersosialisasi dengan teman adalah 2 aspek yang paling penting. Dengan teknologi informasi kita bisa memanfaatkan internet (facebook contohnya) dan aplikasi/software untuk menunjang gaya hidup kita tanpa mengurangi cara kita bersosial (tidak individualis) di dunia nyata. Lifestyle tersebutlah yang disebut juga dengan daily activity yaitu aktivitas atau kebiasaan sehari hari yang dilakukan berulang variatif secara rutin. Pola hidup tersebut haruslah dapat membangun smart city. Caranya? Ya dengan fasilitas IT yang sudah ada sebelumnya seperti Sosmed, fasilitas pesan chatting gratis, blog, dan lain sebagainya dengan tujuan utama membagikan informasi baru, berita, atau ilmu yang sudah ada agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

***

Itulah beberapa ulasan yang itu semua berdasarkan opini saya semata berdasarkan fakta yang telah saya lihat selama ini. Apabila ada saran atau kritikan tentang tulisan saya mohon untuk disampaikan di kolom komentar. Oh iya, sekalian saya juga akan membagikan info lomba nih. Sekian dan terima kasih.

Gamatechno blog competition
Blog competition – Sumber : gamatechno.com
Iklan