Pada postingan sebelumnya kami pernah membahas tentang pengertian dan sejumlah manfaat long tail keyword (LTK). Pada postingan ini kami akan membahas mengenai cara mudah menemukan LTK, menggunakan perangkat gratis dari Google.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika membuat artikel yang membidik kata kunci LTK. Tingkat persaingan yang rendah di halaman pertama mesin pencari, juga akan lebih mempermudah kamu dalam membuat postingan karena pembahasan dari LTK lebih spesifik dibandingkan dengan head dam body keyword.

Selain itu, konversi yang tinggi dan bisa masuk halaman satu mesin pencari dengan head dan body keyword juga merupakan salah satu keuntungan jika kamu membidik kata kunci LTK. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu membidik kata kunci LTK untuk postingan blog kamu. Beberapa hal di atas adalah salah satu manfaatnya.

Untuk membantu kamu mencari LTK. Berikut kami sampaikan 3 cara mudah menemukan kata kunci long tail keyword menggunakan perangkat gratis dari Google. 3 cara tersebut akan mempermudah kamu dalam menemukan LTK untuk membuat postingan.

1. Menggunakan GAKP

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menemukan LTK adalah dengan menggunakan perangkat Google AdWord Keyword Planner (GAKP). GAKP merupakan perangkat gratis dari Google yang menyajikan ide-ide kata kunci lengkap dengan rata-rata pencarian bulanannya dari mesin pencari Google. Untuk menggunakan perangkat gratis ini, kamu dapat menggunakan akun Gmail milik kamu.

Silahkan kunjungi halaman GAKP , lalu login dengan akun Gmail milik kamu. Setelah kamu berada di halaman GAKP, ketikan kata kunci head keyword (kata kunci dengan satu suku kata) atau body keyword (kata kunci 2 sampai 3 suku kata). Jika sudah memasukan kata kunci, silahkan klik tombol dapatkan ide.

20-cari-ltk-gakpMaka akan muncul beberapa kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu ketikan tadi. Kata kunci tersebut bisa head, body, dan long tail keyword. Silahkan cari LTK ( kata kunci yang terdiri 4 atau lebih suku kata).

20-hasil-gakp

2. Menggunakan Penelusuran Terkait Google

Kamu juga dapat mencari LTK di hasil penelusuran terkait Google. Penelusuran terkait merupakan kumpulan kata kunci yang berkaitan dengan suatu keyword yang pernah digunakan oleh pengguna Google. Dari kumpulan kata kunci tersebut kamu bisa menemukan beberapa LTK.

Caranya kamu bisa mengetikan kata kunci di kolom pencarian yang disediakan oleh Google. Setelah muncul hasil penelusuran, silahkan kamu gulir kebawah. Di penelusuran terkait Google kamu akan menemukan beberapa kata kunci yang memiliki kaitan dengan keyword yang kamu ketikan tadi.

20-penelusuran-terkait

3. Menggunakan Google Suggest

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menemukan LTK adalah dengan mengamati saran kueri (keyword) yang muncul di Google Suggest. Untuk itu silahkan ketikan kata kunci lalu lihat keyword yang disarankan oleh Google. Dari saran keyword tersebut kamu bisa menemukan LTK.

20-google-suggestDari sejumlah LTK yang kamu dapatkan tadi, usahakan untuk mencari kata kunci yang pencarian rata-rata bulanannya di bawah 500 dan mudah kamu tulis. Karena kata kunci yang pencarian bulanannya di bawah 500 akan lebih mudah masuk halaman pertama Google. Hal ini karena kata kunci LTK yang rata-rata pencarian bulanannya di bawah 500 lebih rendah persaingannya.

Kamu dapat melihat jumlah rata-rata pencarian bulanan dari Google Suggest dan penelusuran terkait menggunakan GAKP. Caranya silahkan masuk ke halaman GAKP, pilih dapatkan volume penelusuran. Lalu ketikan LTK yang kamu dapatkan dari penelusuran terkait Google dan Google suggest di kolom yang disediakan dan klik tombol dapatkan volume penelusuran. Maka kamu akan melihat jumlah rata-rata pencarian bulanan long tail keyword tersebut.

20-volume

Ulangi langkah-langkah tadi hingga kamu menemukan LTK yang di bawah 500 pencarian bulannya. Mengapa harus LTK harus dicek di GAKP? Karena untuk melihat tingkat persaingannya dari kata kunci tersebut.

Beberapa LTK juga memiliki tingkat persaingan yang tinggi di halaman mesin pencari. Cara melihat tingkat persaingan dari jumlah rata-rata pencarian bulannya. Kolom persaingan adalah ukuran kompetisi para pengiklan Google AdWords (bukan ukuran kompetisi di halaman 1 Google).

Seperti yang kami terangkan di atas. Mencari LTK menggunakan perangkat gratis dari google itu sangat mudah. Jika kamu ingin membidik kata kunci LTK untuk postingan kamu. Silahkan mencoba mencari LTK dengan ke 3 cara yang kami jelaskan di atas.

Catatan: untuk menggunakan GAKP kamu harus menggunakan browser yang aktif mendukung JavaScript.

Iklan