Menulis adalah kegiatan menyatukan kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf dan paragraf menjadi sebuah artikel yang sempurna. Sebuah kegiatan yang terlihat ribet, dan ruwet, namun tetap menyenangkan.

Beberapa orang meragukan dirinya sendiri dalam hal tulis menulis. Jika kamu termasuk orang yang meragukan diri sendiri di bidang menulis. Atau bahkan banyak orang yang meragukan kemampuan kamu. Sebaiknya kamu tidak perlu sedih apa lagi sampai galau. Karena mungkin saja, kelak kamu akan menjadi seorang filsuf masyhur.

Nah, Beberapa tips di bawah ini merupakan persyaratan yang harus kamu lengkapi agar kegiatan menulis kamu jadi lebih menyenangkan dan kamu bisa menjadi penulis yang mumpuni. Mohon perhatikan dengan baik, dan bila memungkinkan hayati dan resapi dengan dengan sepenuh hati.
1. Bebaskan Pikiran

Silahkan sediakan alat tulis yang paling nyaman untuk kamu menulis. Bisa ponsel, pensil, pulpen, kertas, mesin ketik, komputer, atau bahkan pilok sekali pun boleh. Lupakan langit sebagai kertas, dan air laut sebagai tintanya. Mengapa? Sebab ranah intelektualitas dan ilmu kamu belum sampai pada level itu.

Tetapi bila tekat kamu memang kuat untuk memahami dan meresapi hakikat kebebasan berpikir. Maka membuat blog di MyWapBlog.com bisa dijadikan sebagai wahana yang menarik untuk menuangkan pikiran liar kamu yang terus melayang-layang.

Usaha yang kamu lakukan tadi, kelak akan membawa kamu ke tingkat kesadaran yang tinggi. Bahwa, menulis adalah kegiatan yang menyenangkan dan mampu membawa kamu pada mantan kekasih mu yang dulu pergi meninggalkanmu.
2. Bebaskan Diri Dari Unsur Duniawi

Lepaskan semua unsur duniawi yang membelenggu pikiran kamu. Manjakan sejenak pikiran kamu, karna selama ini ia terus berpikir tentang kehidupan kamu, tentang mantan, tentang penghasilan, seperti berada di medan perang. Berikan ia waktu sejenak untuk tidak memikirkan tentang pesakitan hidup yang kamu alami. Dengan demikian, ada ruang kesegaran dan aliran energi baru bagi otak kamu untuk menikmati segarnya lingkungan sekitar.

Lalu rasakanlah betapa dengan cara ini kamu bisa merasa nyaman. Dengan demikian setiap hurup dapat meluncur dan kata-kata dapat terangkai lebih mudah lewat ujung-ujung jari. Sehingga kamu akan berpikir betapa mudahnya menulis dengan tanpa beban.
3. Potong Kuku Jari Kamu

Karena bila kuku kamu panjang dan tidak terawat dengan baik. Ini akan membuat kata-kata yang begitu indah mengalir dari otak akan berhenti tepat di mana kotoran kuku panjang kamu berkumpul. Karena kata-kata indah tersebut tidak dapat melewati lumpur yang berada di dalam kuku jari-jari kamu yang lupa cuci tangan setelah buang air besar.
4. Manfaatkan Dua Layar Monitor

Yang satu digunakan untuk menulis dan yang lainnya untuk mencari sumber referensi. Sumber tersebut bisa dalam berbagai bentuk: tulisan, gambar, suara atau vidio sekali pun bisa kamu gunakan untuk sumber tulisan kamu.

Hanya penulis dan pemikir yang tingkat pemahamannya tinggi yang mampu mengelola beragam informasi melalui vidio. Bayangkan saja, untuk menyimpulkan bahwa tikus jauh lebih cerdik dari pada kucing, mereka memerlukan waktu yang cukup lama untuk melihat beberapa sesi film Tom and Jery.

Tapi mohon untuk menghindari gambar yang bergerak yang hanya akan menambah kosa kata asing kamu sebatas “oh yes” dan “oh no”. Kamu sedang belajar menulis bukan belajar bahasa inggris.
5. Usir Pengganggu

Meski kamu tidak akan naik pesawat terbang. Tidak perlu dibayangkan bagaimana rasanya naik pesawat terbang, yang pasti lebih nyaman dari pada naik angkot jurusan majalaya gede bage. Sebaiknya kamu mengaktifkan mode pesawat di ponsel kamu saat melakukan kegiatan menulis.

Dengan mematikan jaringan seluler ponsel kamu. Maka mantan, pacar, atau gebetan tidak bisa menghubungi kamu melalui BBM, Whatsapp, atau pun menelepon kamu. Jika mereka menghubungi kamu, bisa dipastikan konsentrasi kamu akan hancur lebur. Percayalah kamu tidak akan demam hanya karena tidak bisa chatting dalam kurun waktu 2 jam.

Selain itu bersihkan juga ruang kerja, ruang tamu, atau kamar tidur yang berantakan. Bila perlu singkirkan juga foto pacar atau foto mantan yang masih kamu pajang. Ciptakan ruangan yang tenang dan agar kamu dapat menulis dengan fokus tanpa ada gangguan.
6. Menulis Setelah Bangun Tidur

Ketika pertama kali bangun tidur, otak kamu masih dalam modus Theta, pola gelombang otak masih dalam kondisi prima. Kata-kata akan lebih mudah mengalir dari otak ke jari-jari kamu. Lupakan bele yang ada di sekitar mata dan iler yang meluber hingga sampai telinga.

Pada saat kondisi seperti itulah kamu sebaiknya segera munulis. Ketika bangun dari tidur, ide akan mengalir dengan baik sehingga kata-kata dengan mudah dapat dirangkai. Kamu akan merasa kagum dengan diri kamu. Karena ide mengalir sangat indah pada saat kamu berada dalam kondisi apa adanya dari pada saat kamu menggunakan make up dan busana yang mewah.

Dengan demikian kamu akan menyadari hakekat, bahwa sebuah kealamian akan membawa kamu pada tingkat keahlian yang tinggi dalam menulis. Sebuah hal yang tidak pernah kamu duga sebelumnya bukan.
7. 2G

Bila 6 tips di atas belum mampu membuat kamu menjadi penulis yang lebih baik. Maka sebaiknya kamu mencoba jurus pamungkas yang ke tujuh ini. Yaitu rumus 2G biar keren mari kita sebut “two ji”, lupakan dulu jaringan 3G maupun 4G yang lagi ngetren sekarang ini.

2G adalah singkatan dari giat dan gila. Karena untuk menghasikan tulisan yang menarik kamu harus menulis dengan giat dan gila. Caranya tulis apa yang ada di pikiran kamu, jangan pikirkan kata tersebut benar atau salah. Biarkan jari-jari kamu menulis seperti orang gila yang tidak tahu arah tujuan.

Mengapa kamu harus menggunakan jurus 2G? Karena menulis adalah kegiatan otak kanan (kreativitas). Setelah tulisan jadi, kamu bisa mengeditnya dengan menggunakan otak kiri (logika). Saat pengeditan inilah kamu akan tahu betapa hebatnya diri kamu yang mampu menulis dengan mumpuni.

Saat melakukan pengeditan jangan ragu untuk merombaknya sebaik mungkin. Bila harus merombak sebagian besar, jangan ragu untuk melakukan hal tersebut. Karena ranah logika kamu akan lebih memahami bagaimana cara membuat tulisan tersebut lebih menawan.

Karena kamu masih pemula, sangat disarankan untuk mencoba berkali-kali beberapa tips di atas. Hasilnya akan muncul bila kamu sudah terbiasa melakukannya secara rutin. Pada suatu masa kelak, pola pemikiran dan penulisan kamu akan sampai pada inteltualitas dan keahlian tingkat tinggi.

Sumber : tutorial-id.mywapblog.com

Iklan