Pernakah anda mengalami kehilangan orang yang anda cintai atau kasihi misalnya sanak keluarga anda, teman ataupun pacar (pasangan hidup) anda dan anda belum sempat meminta maaf padanya, dia telah pergi meninggalkan anda untuk selama – lamanya? Dalam banyak Hadist, jika anda mengalami hal ini yang dapat anda lakukan untuk orang yang telah meninggal dunia yang belum sempat anda meminta maaf padanya :

1. Sedekah untuk orang yang telah meninggal dunia.

2. Doa yang dapat meringankan orang yang telah meninggal. Kenapa dua hal ini dan hanya dua hal ini adalah amalan yang dapat membantu anda membayar dosa anda pada orang yang telah meninggal? Karena seperti inilah sistemnya. Anda harus membayar. Di akhirat nanti saat tidak ada emas atau dirham dosa anda akan dibayar dengan amalan anda.

Jadi saat anda masih hidup, inilah 2 cara pembayaran yang dapat anda lakukan :

1. Sedekah untuk orang yang telah meninggal (Jelas berupa uang, harta benda) dengan niat memohon kepada Allah (SWT) supaya amal kebaikan itu cukup kiranya untuk membayar dosa yang diperbuat.

2. Doa untuk orang yang telah meninggal yang dapat meringankan bebannya. Ini juga metode pembayaran tersebut. Keduanya kan untuk membayar? Makanya selain itu tidak di Sunnahkan!!!

Tapi right Wallahu A’lam Bishawab apakah bayaran anda cukup maka hitunglah dengan sebaik-baiknya.

Iklan