Sebelumnya saya selaku admin di sini mau mengucapkan,Selamat menunaikan ibadah puasa pertama untuk kaum islam sedunia, semoga berkah dan sehat selalu. Amin!!!

-Saat puasa bulan Ramadhan telah tiba, ada baiknya kita mengikuti jejak kebiasaan-kebiasaan yang pernah dilakukan Rasulullah SAW.saat di bulan ramadhan Agar ibadah puasa kita menjadi lebih baik dan barokah.

Langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan menteladani kebiasaan Nabi Muhammad SAW dalam mengisi hari-hari di bulan Ramadhan.

Inilah Beberapa kebiasaan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan:

gambar-dp-bbm-sedekah.jpg

1. Memperbanyak sedekah

-Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu.

Seorang yang menyadari kurangnya bekal yang dimiliki untuk menghadapi hari penghitungan kelak, tak ada rasa kecuali sumringah menyambut Ramadhan.

Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah.

Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah.

Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits: “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

membaca-alquran-langgam-jawa.jpg
Gb : Al Quran

2. Memperbanyak membaca al-qur’an

-Bulan Ramadhan adalah bulan Alquran , maka dari itu hendaknya seorang muslim memberikan porsi perhatian yang lebih terhadap Alquran di bulan ini.

Mengenai keutamaan membaca Alquran Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya.

Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30)

zikir.jpg

3. Dzikir/shalawat

-BerDzikir Adalah Perintah Allah. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyak nya.” (QS. Al-Ahzaab: 41)

– Orang yang berdzikir Dijanjikan Surga Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzaab 35)

-Dengan Mengingat Allah, Allah pun ingat Kepada Kita Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku pun ingat kepadamu. Dan bersyukurlah kepada- Ku, dan jaganlah kamu mengingkari nikmat- Ku.” (QS Al-Baqarah: 152)

-Allah Bersama orang yang Berdzikir kepada- Nya Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam hadist qudsi, “Aku bersama sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya jika dia menyebut-Ku. Jika dia menyebut-Ku dalam dirinya, aku pun menyebutnya dalam Diri-Ku. Dan apabila dia menyebut-Ku di hadapan orang banyak, Aku pun menyebutnya di hadapan orang-orang yang lebik baik dari mereka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

-Orang yang Berdzikir Dikelilingi Malaikat dan Diliputi Rahmat Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika ada suatu kaum yang duduk untuk berdzikir kepada Allah ‘Azza wa jalla, niscaya para malaikat akan mengelilingi mereka, mereka pun diliputi rahmat, dan diturunkan ketenangan jiwa untuk mereka. Dan Allah pun menyebut mereka kepada orang-orang yang berada di sisi-Nya.” (HR. Muslim, At-Tirmidzi, dan Ahmad)

– dan Membaca Shalawat untuk Nabi Adalah Perintah Allah Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzaab: 56)

-Dengan Shalawat Dosa Diampuni dan Derajat Diangkat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, Allah akan bershalawat sepuluh kali untuknya, sepuluh dosanya akan dihapus, dan dia diangkat sepuluh derajat.” (HR.An-Nasai dan Ahmad)

-Orang yang Banyak Bershalawat Paling Berhak Mendapat Syafaat Nabi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang paling utama bagiku nanti pada hari kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

dan itulah sebagian yangharus kita contoh dari pemimpin kita, Sekian artikel dari saya semoga bermanpaat, Dan semoga di bulan ramadhan ini,kita di berikan panjang umur dan sehat selalu untuk menjalani bulan ramadhan yang penuh berkah ini.

Iklan