Tips SEO Untuk Blog Baru – Search Engine Optimization atau sering kita SEO, itu adalah hal yang penting dalam peng-optimasian blog, menurut saya pribadi SEO itu sangat peting bagi suatu blog, tanpa seo mungkin blog itu akan terbengkalai. Kalau untuk WordPress sih walaupun kita tidak meng-optimasikan nya, blog tersebut sudah memiliki SEO yang lumayan, karena WordPress sudah membekali SEO pada blog baru, wordpress juga memiliki ke istimewaan dalam hal SEO dan WordPress juga sangat ramah pada search engine. Jadi kita tinggal meng-optimasikan nya dengan baik dan benar, ya tentunya dengan teknik white hat seo.

Sebelumnya saya ingin katakan bahwa saya ini bukan master SEO ataupun ahli dalam SEO, saya ini hanyalah seorang pemula yang sedang belajar SEO dan mencoba membagikannya kepada anda-anda semua berdasarkan pengalaman yang pernah saya coba. Saya juga memposting artikel tentang SEO ini hanyalah untuk membantu para master SEO dalam mengelupas sedikit seputar SEO, Karena menurut saya SEO itu luas dan sampai sekarang masih belum terpecahkan atau istilahnya masih menjadi sebuah misteri sampai sekarang, hanya pengalaman saja yang dapat menjawabnya.

Tips SEO Untuk Blog Baru Tips SEO untuk blog baru, yah kembali ke topik. Jika blog anda masih seumur jagung atau masih baru silakan dicoba tutorial dibawah ini, untuk blog yang sudah lumayan lama, anda juga bisa sedikit baca artikel ini siapa tahu bermanfaat. di simak saja penjelasannya:

1. Tentukan Judul dan URL Blog yang unik dan menarik. Setelah anda menentukan niche pada blog anda, usahakan judul dan url blog anda unik dan singkat (tapi jangan terlalu singkat). Maksud unik disini adalah supaya url blog anda tidak ada yang menyamainya dan membuat berbeda dari judul maupun url blog yang lain agar blog cepat terindek oleh mesin pencari http://www.google.com . Selain itu jika url dan judul blog anda unik alias langka kemungkinan akan mendapatkan sitelink dari google dengan cepat. Dan yang dimaksud singkat disini adalah membuat judul dan url supaya mudah di ingat, minimal 2-3 kata sudah cukup. Kebanyakan orang membuat blog itu blog “campuran” (seperti saya), jadi untuk blog yang campuran Anda bisa saja membuat keyword bentuk lain yang tidak perlu Anda masukkan keyword khusus dalam url dan judul blog Anda karena keyword yang Anda tembak berbeda-beda. Contohnya url blog ini. Dan untuk blog yang membuat niche-nya khusus, minimal masukkan 1 kata kunci dalam url dan judul blog Anda agar mempunyai nilai lebih pada hasil SERP blog Anda nantinya. Hal ini karena bagi yang menembak keyword dengan niche yang spesifik tentu lebih mudah dan dimulai dari keyword on domain dan title tag.

2. Biarkan blog baru anda rehat selama 1 minggu hal ini berlaku bagi anda yang ingin mendapatkan banyak backlink dengan cepat. Ya, maksudnya membiarkan rehat minimal selama 1 minggu adalah untuk menunggu blog Anda crawl terlebih dahulu untuk segera di index oleh mesin pencari Google nantinya. Jika tidak begini mungkin anda akan langsung meposting dalam blog baru anda dan langsung menanam banyak backlink pada artikel tersebut mungkin google akan mengira blog anda spam karena secara tidak langsung dianggap ‘boom link’. Jika Anda mempunyai blog yang sudah lama bahkan hingga bertahun-tahun namun tidak diurus ataupun blognya pernah dibuat lama namun belum dibuat posting atau postingnya masih acak-acakkan, Anda bisa menjadikan atau memanfaatkan blog tersebut sebagai blog Anda dan update postingan (sunting) Anda menjadi lebih bagus lagi. Ingat, jangan dihapus ya, nanti malah menimbulkan broken link. Jujur, Untuk yang satu ini saya belum pernah coba, namun menurut riset dan pengalaman saya selama ngeblog, umur domain sangat berpengaruh pada index google.

3. Ping blog dan Tanamkan Backlink pada homepage dan postingan blog anda Setelah kedua poin diatas sudah dijalankan dengan baik, kini saatnya lah anda membuat postingan atau artikel secara rutin tentunya artikel yang original. Dalam artian tidak copy paste alias asli buatan sendiri. Karena dalam alogaritma google memperhatikan segalam macam keyword dan artikel yang berkualitas. Lalu, Anda ping Blog Anda tiap kali sudah selesai posting dan tanamkan backlink berkualitas pada postingan Anda minimal satu hari setelah dipublish. kenapa harus menunggu satu hari? Ya, kita kembali seperti poin nomor 2 tadi, yaitu menunggu search meng-index terlebih dahulu sampai postingan benar-benar di index. walaupun terkadang untuk blog baru butuh hingga 3-5 hari baru di index google postingannya, tapi tidak ada salahnya, menurut saya selama ini menanamkan backlink sedikit demi sedikit ke artikel blognya secara rutin, nanti makin banyak posting maka index semakin cepat.

4. Review Blog Anda! (Guest Posts) Jika yang diatas semua sudah terpenuhi, di tengah- tengah riset Anda mencari dan menembak keyword, jangan lupa perhatikan homepage blog Anda sebagai otak dan nyawa dari blog Anda. Jangan pikir, banyak backlink pada postingan bisa cepat juga terindex google. Backlink pada homepage jauh lebih penting, bahkan yang utama sebelumnya sebelum mencari backlink lain. Karena backlink utama adalah backlink pada homepage, barulah kita mencari backlink pada postingan. Coba ana bayangkan anggap saja backlink homepage itu tulang badan kita, dan backlink postingan itu adalah daging dalam tubuh kita, jika backlink homepage atau tulang badan kita rapuh, bagaimana kita menahan daging dalam tubuh atau backlink postingan? *hayoh gimana jika kalian tidak ada tulangnya! Jadi tanamlah backlink ke homepage blog anda dulu, baru setelah itu ke tiap postingannya. Untuk tips mencari backlink pada homepage blog Anda, jalan yang sering dan paling utama saya gunakan adalah review blog. Maksudnya adalah dengan menanamkan backlink pada homepage blog dengan membuat artikel pada blog lain yang linknya mengarah pada homepage blog Anda. Kita bisa gunakan blog selingkuhan, blog ke dua kita atau sering kita sebut dummy, anda bisa membuat artikel tentang blog anda (mereview) dan di artikel tersebut arahkan link menuju homepage blog utama anda. tidak hanya backlink yang anda dapat, anda juga bisa kecipratan visitor atau traffik dan alangkah baiknya jika blog ke dua atau blog dummy anda mempunyai pagerank akan lebih baik lagi backlink yang mengarah pada blog utama anda. Dan bahkan blog utama anda akan dilirik oleh search engine karena di anggap baik untuk orang lain, dan menaikan possi blog anda di SERP

5. Jangan memberikan Backlink pada Orang Lain. anda jangan bertukar link dengan blog lain atau bahkan memberikan link keluar selain ke blog yang tidak authority.Authority adalah maksudnya blog atau web yang baik dan telah dipercaya oleh google (web yang besar) seperti wikipedia, google, dan sebagainya. mengapa hanya boleh ke blog yang authority? jika backlink homepage atau tiang rumah kita yang jadi penyangganya saja masih baru atau rapuh bahkan tidak ada bagaimana memberikannya ke orang lain? (baru gajihan langsung dihura-hurakan). Kebayangkan jika uang (backlink) anda baru di dapat tapi anda malah memberikan uang (backlink) tersebut atau di curi oleh orang lain, pasti perjuangan anda akan sia-sia dalam mengumpulkan uang (backlink). Jadi Dalam hal ini backlink pada blog kita saja masih tidak ada kita malah memberikannya ke blog orang lain. Google pasti akan melihat blog kita sebagai blog yang dianggap spam. Nah kenapa harus beri link ke yang authority saja? Sebenarnya terserah mau Anda beri atau tidak asal jangan berlebihan. Alasannya karena blog authority yang merupakan web- web besar seperti wikipedia dan google pada umumnya mempunyai hasil yang bagus di mata search engine google dan dianggap mempunyai pengaruh yang besar pada blog yang memberikan link ke blog authority.

6. Gunakan Social Media sebagai Penunjang Untuk Promosi anda bisa gunakan sosial media apa saja untuk promosi blog anda. Tapi yang media sosial yang lebih baik dan top markotop adalah facebook, twitter dan google+. Saat kita menampilkan url blog kita pada social media seperti facebook, twitter dan google+ tadi, maka google akan mempertimbangkan link yang mengarah pada blog kita sebagai link rujukan yang memang bermanfaat dan datang dari situs besar seperti facebook, twitter, dan google+ itu tadi, sehingga hasil pencarian blog Anda lebih bagus di mata google. Selain optimasi seo pada blog Anda, social media juga bisa Anda gunakan untuk menarik pengunjung tau tentang diri Anda dan blog anda. Misalnya dengan membuat fanspage, twitter fans, akun google plus dan akun socialmedia lainnya dengan mengatasnamakan identitas blog Anda. Nah dari situlah anda mulai ber-promosi dan bersiap-siaplah untuk kedapatang traffik, backlink, dan pagerank.

Sebenarnya dengan ke 6 cara di atas juga sudah cukup baik dalam meng-optimasikan SEO untuk blog baru, bahkan cara diatas sudah sangat baik untuk SEO blog anda. Setelah cara-cara di atas berhasil dan sukses, Anda bisa nikmati hasil jerih payah anda dalam mengoptimasika seo pada blog anda. Mungkin sekian dulu untuk Tips SEO untuk blog Baru , kurang lebihnya saya mohon maaf. Ditunggu kritik dan sarannya lewat komentar.

Iklan