​Mulai Sekarang, Jangan Remehkan Jalan Kaki!

Mulai Sekarang, Jangan Remehkan Jalan Kaki
Gambar : Jalan Kaki

Siapa sih yang belum pernah berjalan kaki? Pasti anda semua pernah melakukan kegian ini. Hampir setiap hari juga saya sendiri melakukannya. Apakah masih ada diantara kalian yang masih malas berjalan kaki dan lebih memilih menggunakan motor atau handphone misalnya untuk memanggil orang yang tidak terlalu jauh? Jika iya, maka berhentilah melakukan kebiasaan buruk itu sebelum terlambat. Ternyata olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga ini banyak juga lho manfaatnya.

1. Resiko cedera minim, namun besar manfaatnya

Dibandingkan berbagai jenis kegiatan olahraga, berjalan kaki terbilang istimewa. Hampir setiap orang mulai dari balita berusia 3 tahun sampai lansia berumur 80 tahun, punya keterampilan berjalan kaki. Berjalan kaki bisa dilakukan sendiri atau berkelompok, sambil berdiam diri, mengobrol, makan, atau mendengarkan joox anda. Yang pasti, risiko cedera kegiatan ini sangat minim tapi manfaatnya besar.

2. Mengurangi berbagai resiko berbagai penyakit kronis dan kematian dini

Olahraga jalan kaki yang dilakukan secara teratur terbukti mengurangi resiko terkena berbagai penyakit kronis dan kematian dini. Berjalan kaki juga efektif mencegah tekanan darah tinggi, kegemukan, serta dalam jangka panjang mencegah penyakit stroke, kanker payudara, diabetes melitus atau kencing manis, osteoporosis atau tulang rapuh, dan depresi. Bahkan, orang yang sudah terkena penyakit kronik tetap mendapat manfaat dari aktifitas fisik ini. Berjalan kaki diketahui bisa mengurangi keparahan gejala penyakitnya.

3. Membangun kekuatan otot kaki, betis, dan paha

Bila anda ingin membangun kekuatan otot, ubahlah kecepatan kaki setiap beberapa langkah, sementara mendaki bukit bisa memperkuat otot di sekitar kaki. Hal ini menjadi modal awal seorang atlet pelari atau atlet sepakbola, yang membutuhkan otot kaki yang kuat untuk berlari berjam jam.

4. Lakukan dimanapun kapanpun sesering mungkin

Jalan kaki di treadmill mungkin sedikit membosankan, tapi jika hanya itu yang bisa dilakukan mengapa tidak? Yang penting adalah tibuh kita terus aktif bergerak. Hal yang menarik dari berjalan kaki adalah kita bisa lebih mengenal sudut sudut lingkungan sekitar (RT/RW). Tidak ada aturan khusus dalam berjalan kaki yang mengharuskan pemainnya memakai pernak pernik khas olahraga, tetapi ada baiknya kalau menggunakan alas kaki yang nyaman.

Mungkin beberapa hal tersebut dapat menyadarkan anda tentang pentingnya berjalan kaki bagi kesehatan tubuh kita. Mulai sekarang jangan sungkan sungkan berjalan kaki ya, keep walking anywhere anytime.

Terima kasih!

Sumber : RafGan.com

Iklan