TIPS MENGOPTIMALKAN PENYIMPANAN INTERNAL ANDROID

Apakah anda salah seorang pengguna android ? Apakah anda sedang bertanya tanya bagaimana mengatasi memori internal yang penuh tanpa menghapus data? Disini anda akan menemukan jawabannya. Beberapa tips berikut bertujuan untuk mengoptimalkan memori internal dan juga bertujuan mempercepat android anda. Umumnya, memori internal yang disediakan pada hp ber-OS android adalah hanya sebesar 4GB. Hal tersebut akan membatasi keinginan kita tentunya untuk memasang aplikasi penting lain. Berikut saya sajikan tipsnya dalam beberapa angka.

1. Gunakan Memori Eksternal

Tips mengoptimalkan memori penyimpanan internal android
Gambar : File Manager

Menggunakan memori tambahan/eksternal biasanya berupa kartu SD atau bisa juga Flashdisk OTG yang besarnya minimal 4 GB. Memori eksternal ini sangat berperan aktif dalam pengoptimalan penyimpanan internal pada HH Android anda.

2. Pindahkan Foto, Music, dan Video ke Kartu SD

Memindahkan semua file musik, album foto anda, dan video anda dengan fitus cut-paste ke Kartu SD dapat dilakukan di file manager. Tips ini insya Allah akan menambah banyak ruang kosong di memori internal anda.

3. Copot aplikasi yang tidak berguna

Mencopot aplikasi atau pembaruan aplikasi default yang tidak penting dapat menambah ruang kosong memori internal. Setelah mencopot pembaruan aplikasi, anda dapat menonaktifkan aplikasi. Anda dapat melakukannya di Pengaturan > Manager Aplikasi > Lalu klik aplikasi yang perlu dicopot, antara lain : facebook, google+, hangsout, gmail, drive, maps, play book, play film, play music, play kios, play game, dan lain sebagainya.

4. Memindah aplikasi dengan “Pindah ke Kartu SD”

Fitur “Pindah ke Kartu SD” dapat membebaskan sedikit isi memori internal. Anda dapat melakukannya di Pengaturan > Manager Aplikasi > Klik Kartu SD > Klik Aplikasi yang tidak dicentang > Klik Pindah ke Kartu SD. Ingat, tidak semua aplikasi dapat dipindah ke kartu SD.

5. Bersihkan dengan aplikasi pembersih

Jika android anda sudah terinstal Clean Mastet maka langsung saja. Atau jika belum anda dapat menginstalnya atau menginstal 360 Security Lite. Kedua aplikasi tersebut adalah dua aplikasi pembersih android terbaik.

Semoga tips Mengoptimalkan Penyimpanan Internal Android kali ini dapat membatu anda semua yang lagi galau. Semoga bermanfaat. Amin. Terima Kasih.

Iklan