​Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada UN 2016

HOTS pada UN 2016
Ujian Nasional

“Kalau UN hanya menghasilkan low order thinking, akan sama saja, tidak ada peningkatan. Karena itu, kualitas UN akan ditingkatkan.” Anies R. Baswedan (Mendikbud RI)

Pernyataan di atas merupakan tengara bahwa soal-soal UN 2016 akan lebih sulit dari sebelumnya. Soal-soal LOTS (keterampilan berfikir tingkat rendah akan digantikan dengan HOTS (keterampilan berfikir tingkat tinggi). Artinya, pada UN kali ini akan banyak soal yang menuntutmu memeras otak lebih keras.

Untuk mengetahui jenis soal kategori HOTS, ada baiknya kamu mengetahui tingkatan soal berdasarkan tingkat kesulitannya. Menurut pakar, soal-soal tertulis dibedakan menjadi 6 tingkatan sesuai tingkat kesulitannya. cognitive1 (c1), c2, c3, c4, c5, dan c6. Dari 6 tingkatan, hanya 5 yang dibuat PilGan. Berikut yang dimaksud.

1. Soal Pengetahuan (c1)

Soal dibuat untuk menguji kemampuanmu dalam mengingat kembali materi yang pernah kamu pelajari. Soal ini menuntut jawaban berdasarkan hafalan.

2. Soal Pemahaman (c2)

Kamu harus memahami materi, bukan sekadar hafal. Agar dapat menjawabnya, kamu harus banyak berlatih.

3. Soal penerapan (c3)

Kamu dituntut untuk menerapkan prinsip dan konsep yang pernah kamu pelajari. Untuk menjawabnya kamu harus banyak berlatih.

4. Soal Analisis (c4)

Soal ini menuntutmu untuk melakukan analisis sebelum menenukan jawaban. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati. Soal ini biasanya berupa tabel, grafik, gambar, bagan atau wacana.

5. Soal Sintetis (c5)

Kamu harus berfikir lebih keras. Kamu harus memadukan berbagai pengetahuan yang dimiliki. Soal ini umumnya berupa tabel, grafik, gambar, bagan, atau wacana.

Soal c4 dan c5 termasuk HOTS karena memerlukan proses berfikir lebih kritis. Kamu harus banyak berlatih untuk dapat mengerjakannya. Sekian…

Iklan