​Astha Brata (Wahyu Mahkota Rama)

Astha Brata, Wahyu Mahkota Rama
Beberapa tokoh pewayangan ramayana

Terjemahan oleh Rezky YY

Prabu Suyudana yang mengharapkan Wahyu Mahkota Rama, sampai menyuruh Adipati Karna dan Pasukan Kurawa dengan mengandalkan kekuatan jasmaninya. Tetapi tidak diberikan oleh Begawan Kesawasidi, tetapi diberikan kepada Raden Arjuna yang juga mengharapkan wahyu tersebut dengan jalan rohani (tapa bratha, tarak brata).

Raden Arjuna bisa menerima Wahyu Mahkota Rama yang berisi ajaran “Astha Brata” yaitu wahyu kepemimpinan. Yang mengambil contoh sifat 8 Dewa dan sifatnya.

1. Bathara Wisnu sifatnya Bumi

Mempunyai sifat sabar yang tidak ada batasnya, walaupun dipacul, digaru, dan dibajak, tetapi malah menjadikan kesuburan yang bisa menumbuhkan berbagai macam tanaman yang bisa diambil, memberikan semua yang dikandung di dalam bumi tanpa habis kepada siapa saja tidak pilih kasih, memberikan penghidupan kepada semua makhluk, manusia, hewan, dan tumbuhan.

2. Bathara Bayu sifatnya Angin

Masuk ke semua tempat tanpa pilih kasih, tidak peduli bersih atau kotor, melindungi semua tempat sampai aman untuk kehidupan semua makhluk.

3. Bathara Baruna sifatnya Air

Mempunyai sifat adil dan legawa, tidak mempunyai sifat menang sendiri, mempunyai sifat rukun kepada semua makhluk. Sifat air walaupun dipisahkan bisa pulih kembali, juga mempunyai sifat memberikan kehidupan, keselamatan, dan ketentraman dan bisa membersihkan barang yang kotor. Sifatnya laut menerima dan legawa menerima sesuatu hal yang masuk, walaupun bersih dan kotor semua diterima dengan legawa karena laut itu luas sekali.

4. Bethari Ratih sifatnya Bulan

Cahayanya yang lembut memberikan penerangan kepada bumi dan isinya dengan rasa senang dan tentram, sifat lembut, senang kepada sesamanya, menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang.

5. Bathara Surya sifatnya Matahari

Bisa memberikan penerangan, memberikan kekuatan, memberikan daya dengan rata kepada bumi dan semua makhluk di alam dunia dan isinya.

6. Bathara Indra sifatnya langit

Memberikan pengayoman kepada semua makhluk tanpa pilih kasih, memberikan keadilan membagi cuaca.

7. Bathara Brahma sifatnya Api

Mempunyai sifat pencair, memberantas kemarahan, pekerjaan, perkara kecil, perkara besar, halus dan kasar bisa mentas karena kekuatannya api.

8. Bathara Ismaya sifatnya Bintang

Sifatnya tata dan tertib juga tangguh tidak mudah terkena pengaruh siapapun, bisa memberikan penuntun kepada yang sedang kebingungan.

Semua itu adalah rincian “Astha Bratha” supaya bisa untuk contoh kepada semua makhluk di dunia, lebih-lebih untuk para pemimpin, pemimpin keluarga sampai pemimpin bangsa dan negara.

Semua sifat, daya dan kekuatan alam tadi, karena dari kekuasaan gusti Allah swt. dan semuanya itu hanyalah ciptaan Allah swt.

“Tidak ada daya dan upaya kecuali karena Allah swt.”

Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dari Buku Pepak Bahasa Jawa oleh Rezky Yayang Yakhamid

Iklan